Minggu, 22 Mei 2011

Kapal Bertenaga Surya Pertama di Dunia !

0 komentar

Menyusul sukses pesawat bertenaga sinar matahari, Solar Impulse, kini ada sebuah kapal laut bertenaga surya. Kapal ini sedang dalam perjalanan mengelilingi dunia. Seperti apa kapal unik ini?




Kapal bertenaga surya bernama Tûranor Planet Solar. Kapal ini murni menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya. Sebanyak 825 keping panel surya dengan luas 537 meter persegi, terpasang di bagian sayap kiri dan kanan. Panel - panel surya ini mampu menghasilkan listrik 93,5 klioWatt. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan dua baling - baling. Masing - masing berdiameter 1,8 meter.















Sebagian energi listrik yang dihasilkan ditampung dalam rangkaian 12 unit baterai Lithium - ion yang dipasang di bagian pelampungnya. Listrik dalam baterai ini digunakan untuk berlayar pada malam hari, saat matahari tak lagi bersinar. Cadangan listriknya cukup berlayar selama tiga hari penuh tanpa sinar matahari. Sebuah sistem komputer mengatur aliran listrik ke baterai dan baling - baling.


 


Kapal Turanor Planet Solar bertolak dari Monaco pada tanggal 27 September 2010 untuk misi mengelilingi dunia. Kapal ini telah menyeberangi Samudera Atlantik dan melintasi bagian utara Kuba, kemudian singgah di Miami. Beberapa tempat yang akan disinggahi Planet Solar meliputi Cancun, San Fransisco, Sydney, Singapura, Abu Dhabi, sebelum kembali lagi ke Monaco.




 TÛRANOR PlanetSolar berhasil telah mencakup lebih dari 52% dari seluruh rute.  Sekarang mendekati Noumea, ibukota Kaledonia Baru, pada tanggal 11 Mei 2011.
 
Kapal ini dibuat oleh perusahaan Knierim Yachtbau di Kiel, Jerman. Desainya dikerjakan oleh LOMOcean Design. Kapal ini memiliki panjang 31 meter, dan berat 95 ton. Biaya pembuatannya mencapai 17,5 juta dolar AS, atau senilai 166 milyar rupiah.

Posted By : Catur Pamungkas

Leave a Reply

| Bhaskara online feeds |

Tanggapi Artikel

Labels